PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Pengajaran bahasa Indonesia menempati bagian yang penting, dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA) bahkan sampai perguruan tinggi bidang studi bahasa Indonesia dianjurkan dengan intensif sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pengamatan awal peneliti di SMAN 3 Majene menemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh guru di antaranya adalah kemampuan siswa yang rendah terhadap menulis. Untuk kompetensi ini kepala sekolah menetapkan standar KKM yang cukup (65) dengan pertimbangan tingkat kesulitan materi tersebut bagi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap menulis karangan deskripsi sehingga siswa dapat mengungkapkan kreativitasnya melalui tulisan dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, karena peneliti bertujuan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Majene kelas XII dengan jumlah siswa perempuan 15 sedangkan jumlah siswa laki-laki 9, jumlah keseluruhan 24 siswa. Hasil yang diperoleh dalam siklus I dengan penggunaan media gambar menunjukkan kenaikan nilai rata-rata. Pada pretest, nilai 64,6. Setelah postest meningkat menjadi 75 (> nilai KKM 65). Secara kualitatif, penilaian angket menunjukkan bahwa hasil tingkat antusiasme siswa bertambah dan siswa mampu lebih fokus dalam pembelajaran karena adanya tahapan menulis karangan yang tepat untuk mereka.