“Komet (Kompor Briket)” Sebagai Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan

  • Wenkey Mangera
Keywords: Komet, Briker, dour Ulang, Limbah kaleng, Serbuk

Abstract

Komet (Kompor Briket) merupakan salah satu kompor hasil dari daur ulang bahan-bahan buangan salah satunya sampah kaleng, hal ini dikarenakan kaleng bekas dari logam memiliki struktur yang cukup kuat sehingga bisa menahan beban dan panas. Dengan demikian kaleng bekas yang berupa logam dapat kita manfaatkan sebagai kompor.  Dengan adanya kompor ini masyarakat dapat lebih mudah untuk memasak dimanapun, dikarenakan kompor ini sangat praktis untuk dibawah kemana saja dan tentunya karena proses pembuatannya yang sederhana sehingga tidak banyak memakan waktu dan biaya.

Briket adalah sebuah bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa. Dalam penelitian ini dibuat briket dari serbuk kayu dan sampah kertas sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Dengan beberapa manfaat, yaitu :

  1. Menambah pengetahuan masyarakat bahwa kaleng bekas bisa berguna untuk dijadikan kompor serta serbuk kayu dan sampah kertas bisa digunakan sebagai pengganti minyak tanah.
  2. Mengurangi limbah kaleng dan serbuk kayu serta sampah kertas yang banyak terdapat di lingkungan.
  3. Komet (Briquette Stove) is one of the stoves resulting from recycling waste materials one of them cans of waste, this is because the metal cans have a structure that is strong enough so that it can load and heat. Thus a used metal cans can be used as a stove. With this stove people can be easier to cook anywhere, because the stove is very practical to under anywhere and of course because the process of making a simple so that not much time and cost.

Briquettes are a combustible material used as fuel to start and maintain a flame. The most commonly used briquettes are coal briquettes, charcoal briquettes, peat briquettes, and biomass briquettes. In this study made briquettes from wood powder and paper waste as an alternative fuel environmentally friendly. With some benefits, that is :

  1. Increase public knowledge that used cans can be useful for stoves and wood powder and paper waste can be used as a substitute for kerosene.
  2. Reduce waste cans and wood powder and paper waste that is widely available in the environment.
Published
2018-10-25
How to Cite
Mangera, W. (2018). “Komet (Kompor Briket)” Sebagai Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan. Jurnal Ilmiah Maju, 1(1), 53-56. Retrieved from https://ojs.bapperida.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/11